westbatavia’s blog

Blogging For You, Anything and Anywhere

Fungsi dan Manfaat Sebuah Email dalam Sehari-hari

Berbicara masalah email sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Karena hampir setiap hari kita selalu menggunakannya, secara sadar tidak sadar kita sering berhadapan dengannya, kita sering membutuhkannya.

Dalam penggunaan sebuah akun Facebook yang valid misalnya, Tidak akan mungkin lepas dari peran sebuah email. Email akan selalu dibutuhkan untuk proses login ke dalamnya. Email akan menjadi modal utama menggunakan media Facebook.

Seperti halnya Facebook, Pengguna BBM (BlackBerry Messenger) pun harus berkutat dengan sebuah akun email. Yaitu pada saat pengaktifan awal harus melalui validasi sebuah email. Bahkan pada saat login pun demikian.

Porsi penggunaan email bagi seorang karyawan berposisi administratifpun sangat mengandalkan sebuah email untuk pengiriman data.

Jadi dengan kata lain email adalah alat yang sangat kita butuhkan. Bayangkan bila tidak ada email, mungkin juga tidak akan ada yang namanya Facebook, BBM, Instagram, Twitter dan lain-lain.

Fungsi email menurut fungsiklopedia

Fungsi Email adalah sebagai sarana untuk mengirimkan atau menerima surat melalui jalur komputer dan internet. Data yang bisa dilampirkan dalam email tersebut berupa data digital diantaranya yaitu, dokumen, musik, video dan gambar, software, dan data-data digital lainnya.

baca juga : Cara Membuat Email Baru Mudah dan Gratis

Terbagi atas beberapa jenis layanan Email antara lain :

   1. POP Mail

Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari Internet Service Provider yang Anda gunakan

    2. Web Based email

Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Gmail, Yahoo, Hotmail dan lain-lain.

   3. Email Forwarding

Jenis email ini adalah memfasilitasi pengalihan suatu e-mail ke alamat e-mail lainnya, Dengan kata lain, mail server yang melayani e-mail forwarding hanya bertindak sebagai perantara.

Manfaat Sebuah Email

   1.  Menjadi penghubung antara pengguna yang satu dengan yang lain
   2.  Bila digunakan untuk mengirim surat maka akan sangat cepat sampai tujuan

   3.  Sebagai wadah / syarat pembuatan akun lain ( untuk login )

 

Nah, demikian fungsi dan manfaat sebuah email dalam sehari-hari, semoga dapat memberikan manfaat.